Welcome to our website !

Assalamualaikum

Assalamualaikum

NASEHATIN ORANG LAGI HITSS!

By 5:34 PM


Annyeong...
Judulnya sok iyeh banget ya hahaha..tp bener deh, buat saya paling susah itu ketika diminta tolong untuk "nasehatin" orang lain..misalnya, mbak septy, tolong bilangin si A doong..soalnya tu dia gini gitu, tolong bilangin si B deh supaya dia gini gitu..

Mungkin untuk sebagian orang itu hal yang "menyenangkan" yaa..tapi untuk saya, wah waahh.. itu berat bangettt.. pertama, godaan buat sombongnya itu kuat, dan dalam prosesnya itu suka kebawa untuk ngerasa paling benar, ngerasa paling harus didengerin, ngerasa paling harus diturutin. Itu knp nasehatin orang yg berpotensi "ngajarin" itu ngerii banget lho sebenernya aseli! even orang yg dinasehatin lebih muda dari kita ya, apalagi dengan yg lebih tua...

Yang kedua, pada pemilihan kata, kalimatnya pun harus benar2 dipikirkan, apakah sudah tepat? Apakah akan menyinggung? Apakah akan menyakiti? Walaupun kenal baik dengan orang yg akan dinasehati, tetap saja lidah itu jauh lebih tajam daripada senjata yg paling tajam sekalipun. Dan sakit hati jauh lebih sulit diobati, walaupun mungkin yaa mungkin bisa diobati.

Dan yang terakhir, biasanya menasehati itu niatnya langsung ingin "mengubah" orang tersebut, yang membuat kita jd nafsu, emosional, dan lupa diri.. Padahal yg mampu membolak-balikan hati manusia hanyalah Allah SWT, kita hanya sekedar memberikan pengetahuan lebih pada yg bersangkutan bahwa mungkin yg ia lakukan saat ini belum tepat, tidak menyenangkan, atau berbahaya. Karena pada dasarnya manusia melakukan sesuatu, bersikap, dan berbicara sesuai dengan pengetahuan yg dimilikinya, jika memang sudah memiliki pengetahuan namun tetap begitu, mungkin saja ia sedang lupa.

Jadi tugas kita sesama manusia hanya mengingatkan, tentunya mengingatkan dengan cara yang baik dan santun, bukan menasehati dengan menyalahkan, menghakimi, bahkan dengan kata-kata kasar lalu memprovokasi banyak orang untuk turut serta dalam kekacauan. Naudzubillahimindzalik..

You Might Also Like

0 komentar